29 Maret 2014

Pusat Latihan Gajah Minas

Pusat pelatihan gajah ini terletak di daerah minas, Kabupaten Siak Provinsi Riau, jika dari kota pekanbaru dapat diakses mengarah ke kandis dengan waktu tempuh sekitar 1 jam, tidak begitu jauh dengan Tahura SSH. pengelolaan PLG minas ini bekerjasama dengan BBKSDA Riau dan Dinas Kehutanan Provinsi Riau. tempat ini menangani gajah liar yang terlibat konflik dan di bawa ke tempat ini untuk dikarantina.
gajah liar tersebut akan dilatih dan dikarantina oleh para mahout (pawang gajah) yang ada di PLG Minas, biasanya gajah liar yang ditangkap telah memakan pucuk sawit yang masih muda yang mengakibatkan kematian pada sawit dan gajah mati akibat di racun, padahal sebenarnya itu bukan salah gajah lho sob, itu sudah merupakan jalur jelajah gajah yang telah berubah menjadi kebun sawit, gajah hanya mengikuti narulinya. jika sudah tidak ada lagi makanan maka sawitlah yang menjadi sasarannya. manusia seharusnya tidak serakah dengan membuka semua hutan untuk dijadikan perkebunan sawit. mereka juga ingin hidup sama seperti kita.
nah foto-foto di atas merupakan antraksi gajah yang sudah terlatih di PLG Minas, ada bermain basket, mengalungkan bunga, baris berbaris, duduk di kursi, berdiri di kursi dll. perlu dikathui gajah merupakan hewan yang pintar. dapat mengingat dengan baik intruksi yang diberikan oleh mahoutnya. mahout dengan gajah memiliki hubungan batin yang baik. tapi ingat walau bagaimanapun gajah tetap binatang liar yang memiliki naluri liar. jadi perlu berhati-hati ketika berada didekat gajah. PLG Minas memiliki rumah sakit gajah, dokter hewan, gajah latih, 1 unit fuso untuk mencari pakan. masalah yang dihadapi adalah sulitnya mencari pakan hewan besar ini sob. maka dari itu tetap jaga dan lestarikan hutan yang ada di Riau ini...jangan sampe anak cucu kita besok tidak dapat melihat hewan yang terancam punah ini. save elephant now !!!
Nah bagi teman-teman , mahasiswa-mahasiswi ataupun keluarga yang ingin melihat hewan ini, antraksinya juga ingin mengenal lebih jauh tentang gajah sumatera ini silahkan datang ke PLG Minas y.......ayooo yang mau naik gajah....buruannnnn......



2 komentar:

Pemetaan Udara Menggunakan UAV/Drone type Fix Wings

  Pemetaan udara kawasan hutan Blok Khusus KPH Tasik Besar Serkap seluas 14.700 Ha bekerjasama dengan SG Konsultan dilaksanakan untuk menget...