20 Maret 2014

Visit Kabupaten Kepulauan Meranti 2014

NAPAK TILAS DI KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI
mungkin bagi sebagian masyarakat propinsi riau masih belum mengerti dimana kabupaten meranti berada, yah wajar saja karena kabupen ini baru beberapa tahun memisahkan diri dari kabupaten Bengkalis. yah...meranti merupakan gabungan nama beberapa pulau Me= Merbau Ran= Rangsang Ti= Tebing tinggi. dengan ibu kota Kabupaten Selat Panjang yang berada di Pulau tebing tinggi. perjalanan dari kota pekanbaru sekitar 4,5 jam perjalanan. 3 jam darat sampai pelabuhan buton, 1,5 jam dari buton hingga ke selat panjang. foto diatas saya ambil di desa centai kecamatan kepulauan merbau..dapat diakses melalui perjalanan darat dari selat panjang sekitar 1 jam perjalanan. eits ada yang tau ga di bawah ini foto apa yah ?
ini namannya nipah sob....banyak terdapat dimeranti....rasa buahnya manis lho...bisa disadap dan dijadikan sebagai bioetanol...bahan bakar nabati yang ramah lingkngan sob.....meranti memang kaya akan hasil laut seperti ikan, kerang, udang. dari sektor perkebunan yang sudah dilirik investor adalah karet dan sagu, sementara untuk nipah masih akan dirintis bekerja sama antara pt First Flower dengan pemda Meranti. ada trik khususnya lho agar nipah dapat mengeluarkan nira pada saat akan disadap.
ini merupakan kegiatan nelayan yang sedang memperbaiki jalanya yang akan digunakan untuk melaut. nelayan ini masih menggunakan peralatan tradisional lho sob...sehingga tidak merusak ekosistem laut. ini saya ambil ketika berada di Desa Dedap Kecamatan Tasik Putri Puyu. desa ini lebih dekat ke bengkalis dari pada ke kota selat panjang. etnis yang ada di meranti bermacam-macam sob..mulai melayu, cina, jawa, suku akit.
nah ini dia,,,,,tempat nongkrog muda mudi meranti pada sore hari....lokasi ini dekat kantor bupati meranti...pas pinggiran laut..menikmati angin sepi-sepoi sob...sambil menanti matahari tenggelam....selalu ramai pada sore hari...ayoooo tunggu apalagi visit meranti 2014......


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pemetaan Udara Menggunakan UAV/Drone type Fix Wings

  Pemetaan udara kawasan hutan Blok Khusus KPH Tasik Besar Serkap seluas 14.700 Ha bekerjasama dengan SG Konsultan dilaksanakan untuk menget...