24 September 2018

8 Trik jitu LULUS CPNS 2018

Kabar gembira bagi masyarakat indonesia bahwa pada tahun 2018 pemerintah membuka kembali seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) atau sekarang lebih dikenal dengan nama Aparatur Sipil Negara (ASN). menjadi seorang ASN tidak semudah membalikkan telapan tangan. butuh perjuangan yang luar biasa. ASN menjadi profesi yang diminati ditengah kesulitan ekonomi yang melanda indonesia. hari tua yang cukup menjanjikan menjadi salah satu daya tarik tersendiri untuk menjadi ASN.
baik, pada kesempatan ini saya akan membagian 8 trik jitu LULUS CPNS 2018, nah penasaran apa saja triknya mari kita simak dan bahas satupersatu.
1. BACA DAN PAHAMI INFORMASI CPNS 2018
baca dan pahami dengan baik informasi yang ada pada www.sscn.bkn.go.id jangan sampai calon pelamar ASN salah menerima informasi, baca dengan baik tahapan yang ada pada website Badan Kepagawaian Negara (BKN). Tahapan yang ada antara lain :
  • Pemilihan Instansi (memilih instansi/bidang yang akan kita lamar) kemudian login lagi ke website instansi yang akan kita pilih) seperti contoh login ke www.cpnsonline.menlhk.go.id
  • mengunggah persyaratan yang diminta seperi scan KTP, IJAZAH, TRANSKIP< PAS FOTO dll
Tahapan yang akan dilalui dalam pelaksanaan tes ada beberapa tahap, tahap pertama adalah tes TKD (Tes Kemampuan Dasar) berisi 100 soal dengan waktu 90 Menit. berisikan tes TWK(Tes Wawasan Kebangsaan) TIU (Tes Intelegensi Umum) dan TKP (Tes karakteristik pribadi). setelah tes TKD maka akan melewati tes TKB (Tes Kemampuan Bidang) tes ini berisikan peraturan dan perundangan terhadap jabatan yang dipilih, tes lari/kesehatan dll. setelah itu tahapan perberkasan Baca Juga tahapan yang lain di https://nasional.kompas.com.
2. Cerdas dan teliti melihat PELUANG 
kita harus bisa melihat peluang, jangan kita mendaftar pada jabatan yang jumlah ASN nya sedikit, tetapi carilah pada jabatan yang sesuai backgroun kita pada instansi yang banyak membutuhkan ASN, sehingga peluang kita lebih besar.
coba perhatikan gambar buah dadu diatas, semua nomor mempunyai peluang, namun carilah instansi yang menampung banyak calon ASN.
3.Persiapkan Diri
persiapkan diri anda sebaik mungkin, jaga kesehatan jangan sampai sakit ketika hari H Ujian pelaksanaan tes, tenangkan pikiran perbanyak belajar dan kerjakan terlebih dahulu soal yang anda anggap mudah.
4. Berlatih Simulasi CAT 
dengan berlatih mengerjakan simulasi CAT anda akan dapat belajar managemen waktu dalam mengerjakan soal, disamping itu dengan latihan anda akan terbiasa dengan soal-soal yang ada pada Software cat tersebut. dapat juga kita login pada website cat.bkn.go.id/simulasi, teorinya semakin banyak kita berlatih maka kita akan semakin banyak dan terbiasa dengan soal-soal yang ada pada software tersebut.
5.Berdoa
segala sesuatu yang kita lakukan tidak terlepas dari doa, jangan menjadi manusia sombong berusaha tanpa berdoa. sebagai orang yang mempunyai agama manapun pasti kita dianjurkan untuk berdoa dalam memulai sesuatu.
6. Keyakinan/Optimis
kita harus yakin dan optimis bahwa kita akan lulus CPNS, tanamkan pada hati kecil kita agar kita lulus tes CPNS.
7. Meminta doa dari Orang Tua
jangan lupa kita meminta doa dari orang tua, karena restu orang tua adalah kunci kesuksesan anak.
8.Dukungan dari Orang terkasih
tak dapat kita pungkiri bahwa dukungan orang terkasih adalah sesuatu hal suatu motifasi sebagai hal yang diyakini dapat ,menaikkan semangat kita dalam manjwab soal juga menaikkan optmimisme.
SALAM SUKSES BAGI KITA SEMUA
#JADIASN2018# 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pemetaan Udara Menggunakan UAV/Drone type Fix Wings

  Pemetaan udara kawasan hutan Blok Khusus KPH Tasik Besar Serkap seluas 14.700 Ha bekerjasama dengan SG Konsultan dilaksanakan untuk menget...