21 September 2018

cara mengolah data foto udara



     

       
Langkah-langkah pembuatan citra orthophoto hasil pemotretan wahana udara tanpa awak

1.    Membukasoftware Agisoft PhotoScan Versi 1.0.4
Tampilan awal software Agisoft PhotoScan Versi 1.0.4
2.      Membuka foto yang akan diproses dengan memilih fitur workflow pada menu bar lalu pilih add. Workflow à add
3.      Maka foto akan terbuka dalam software

4.      Untuk proses identifikasi tie-point, bundle adjustment dan koreksi geometri dengan memilih fitur workflow pada menu bar lalu pilih align. Workflow à align.
5.      Pada proses alignment terlebih dahulu memilih tingkat akurasi identifikasi tie point.Ada tiga tingkat akurasi, low, medium, high. Low digunakan jika diinginkan waktu pemrosesan yang lebih singkat dan diperoleh posisi kamera yang kurang akurat. Medium digunakan jika diinginkan akurasi dari posisi kamera yang sedang dan waktu pemrosesan lebih lama dari pada low. High digunakan jika diinginkan akurasi posisi kamera yang lebih tinggi, pemrosesan akan memakan waktu lebih lama.
Pada pair perselection terdapat 3 pilihan, yaitu ground control dipilih jika foto yang akan diproses telah tergeoreferensi secara benar. Disableddipilih jika diinginkan tingkat akurasi yang tinggi dengan waktu pemrosesan yang lama. Generic dipilih jika diinginkan tingkat akurasi yang lebih rendah dan waktu pemrosesan yang lebih cepat dari disabled.
Dapat dilihat metadata dari foto dengan cara klik kanan pada foto, kemudian pilih show info. Dari show info dapat diketahui ukuran piksel dari foto, panjang fokus kamera, shutter speed, jenis kamera yang digunakan, waktu pemotretan.
Setelah proses alignment dapat dilihat juga parameter kalibrasi kamera, dengan memilih fitur tool pada menu bar, lalu pilih Camera calibration. Tool à Camera calibration.
Dapat dilihat parameter-parameter kalibrasi kamera dengan memilih refined dan arahkan kursor ke salah satu image.
6.      Kemudian lakukan build dense cloud dengan memilih workflow pada menu bar kemudian pilih build geometry. Workflow à build dense cloud.

Terdapat beberapa pilihan pada tahap ini, yaitu :
a)      Object type
Ada dua jenis tipe yaitu arbitrary dan highh field. Tipe arbitrary dipilih jika kondisi area yang akan dimodelkan terdiri dari obyek yang tertutup, seperti bangunan, pepohonan, patung, dll. Tipe arbitrary akan membutuhkan media penyimpanan yang besar, sehingga pada pengolahan ini dianjurkan pemrosesan data tidak melibatkan banyak foto. Tipe high field dipilih jika akan memodelkan suatu permukaan terain yang relatif datar, tipe ini dapat melibatkan banyak foto dan dibutuhkan media penyimpanan yang lebih sedikit dari tipe arbitrary.
b)      Target quality
Pemilihan pada target quality akan berpengaruh pada ketelitian dan  kerincian bentuk geometri yang dihasilkan. Semakin tinggi target quality, maka akan membutuhkan waktu pemrosesan yang lebih lama. Ada 4 pilihan target quality dari yang tinggi ke yang rendah, yaitu ultra high,high,medium, low, lowest. Point cloud dipilih jika bentuk terain atau obyek pada foto relatif datar atau smooth. Point cloud akan membutuhkan waktu yang cepat dalam pemrosesannya.
c)      Geometry type
Ada dua pilihan yaitu sharp dan smooth. Sharp dipilih jika model yang akan dibentuk geometrinya memiliki area yang tidak terlalu luas, pada model ini tidak ada pengisian celah-celah yang kosong, celah-celah akan ditutup secara manual setelah proses selesai. Sharp memiliki tingkat ketelitian yang lebih tinggi dari pada type smooth. Smooth dipilih jika area yang akan dimodelkan cukup luas, smooth cocok untuk area yang terdapat tutupan lahan berupa air dan variasi terain yang tidak mencolok. Smooth dianjurkan untuk proses ortofoto.
d)      Face count
Face count menentukan jumlah maksimum piksel yang digunakan untuk membentuk permukaan geometri. Semakin besar jumlah face count maka bentuk geometri semakin smooth. Face count bernilai 0 maka pada pemrosesan tidak ada smoothing.
e)      Filter threshold
Digunakan untuk menentukan nilai maksimal face count untuk dihapus dari face count yang terhubung minimum setelah rekonstruksi geometri berlangsung (dalam persen dari jumlah totalface count).

Pilihan pada build geometry



Maka akan terlihat proses mereksontruksi ketinggian dan kedalaman.

Dalam build geometry, juga akan diproses penutupan lubang-lubang yang ada pada saat proses alignment.

7.      Langkah selanjutnya adalah melakukan build texture, dengan memilih fitur workflow kemudian pilih build texture. Workflow à build texture.
Pada bulid geometry pilih maping mode orthophoto dan blanding mode mosaic, karena hasil akhir yang diinginkan adalah mosaik foto. Keterangan dari feature dalam build texture adalah sebagai berikut :
Mapping mode merupakan cara menentukan tekstur objek yang akan dibentuk dalam atlas atau bidang datar. Pemilihan mapping mode secara tepat akan membantu dalam menghasilkan kualitas tekstur secara visual. Ada 5 jenis mapping mode, yaitu:
a)   Generic
Generic dipilih jika bentuk objek yang akan dimodelkan adalah objek tertutup, seperti patung, pohon, candi.
b)   Adaptive Orthophoto
Dalam adaptive orthophoto pemrosesan objek akan dibagi menjadi pemrosesan bidang datar dan pemrosesan bidang vertikal. Pada pemrosesan bidang datar akan digunakan proyeksi ortografi, yaitu proyeksi bentuk bidang permukaan bumi ke bidang datar. Pada pemrosesan vertikal dilakukan secara terpisah untuk menjaga keakuratan dari tekstur yang dihasilkan. Adaptive orthophoto lebih cocok digunakan pada objek yang relatif datar, tetapi juga tetap menjaga bidang yang mempunyai ketinggian, seperti bangunan, menara, tetapi dengan hasil yang kurang akurat.
c)    Orthophoto
Pada modeorthophoto, seluruh permukaan baik bidang datar maupun vertikal akan diproyeksikan dalam proyeksi ortografi. Orthophoto akan menghasilkan tekstur foto yang lebih kompak pada daerah datar dan vertikal, sedangkan pada modeadaptive orthophotodaerah vertikal akan memiliki ketelitian yang lebih rendah dari pada daerah datar.
d)   Single photo
Mode single photo digunakan untuk membentuk tekstur pada salah satu foto saja. Foto dipilih dari project yang telah diolah sampai tahap build geometry.
e)    Keep uv
Mode keep uv digunakan untuk menghasilkan tekstur atlas dengan menggunakan parameter tekstur pada saat pemrosesan. Hal ini dapat digunakan untuk membangun kembali tekstur atlas dengan menggunakan resolusi yang berbeda pada hasil yang diperoleh pada perangkat lunak yang lain.
Blending mode merupakan cara untuk mengobinasikan nilai-nilai piksel dari beberapa foto untuk menghasilkan texture foto. Ada beberapa pilihan, yaitu:
a)    Mosaic
Mosaic digunakan untuk memperoleh tekstur atlas atau bidang datar pada hasil akhirnya. Mosaic akan menghasilkan ortofoto yang lebih baik.
b)   Average
Average adalah proses merata-ratakan nilai piksel setiap foto untuk mendapatkan tekstur foto.
c)    Max intensity
Max intensity adalah proses pemilihan foto yang memiliki intensitas maksimal dalam korelasi pikselnya, foto tersebut dipilih untuk pembentukan tekstur.
d)   Min intensity
Min intensity adalah proses pemilihan foto yang memiliki intensitas minimum dalam korelasi pikselnya, foto tersebut dipilih untuk pembentukan tekstur.
Atlas width menunjukan lebara ukuran satu piksel dalam model atlas. Semakin besar jumlah atlas width, maka jumlah piksel dalam satu project semakin banyak dan dibutuhkan media penyimpanan yang semakin besar, serta diperoleh tekstur yang lebih baik secara geometri dan visual.
Atlas height menunjukan tinggi ukuran satu piksel dalam model atlas. Semakin besar jumlah atlas height, maka jumlah piksel dalam satu project semakin banyak dan dibutuhkan media penyimpanan yang semakin besar, serta diperoleh tekstur yang lebih baik secara geometri dan visual.


Maka akan terlihat proses build texture
Proses build texture
Hasil dari build texture sebagai berikut, antara geometry dan texture foto sudah terpadukan.

Hasil buid texture
8.      Pada tahap ini dilakukan export projectAgisoft PhotoScan format (*psz) menjadi format TIFF/GeoTiff(*tif). FileàExport Orthophoto.

Pada blending mode pilih mosaic karena ingin dihasilkan mosaic dalam mode atlas bukan dalam model tiga dimensi. Resolusi piksel yang dihendaki adalah 0.1 meter.

 

9.      Export DEM
FileàExport DEM.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pemetaan Udara Menggunakan UAV/Drone type Fix Wings

  Pemetaan udara kawasan hutan Blok Khusus KPH Tasik Besar Serkap seluas 14.700 Ha bekerjasama dengan SG Konsultan dilaksanakan untuk menget...