19 September 2018

Cara Mengoprasikan Drone Phantom 4


hai guys kali ini kita akan membahas bagaimana kita akan mengoprasikan Drone Phantom 4. baik sebelum memulai mengoprasikan perlu kita siapkan perlengkapan sebagai barikut.
1. Drone Phantom 4
2. Batrai Drone
3. Remote Kontrol/Console Drone
4. Propeler/baling baling drone
5. tas Drone
6.HP android
7.Aplikasi DJI GO
8. Aplikasi Drone Deploy
9.kaca mata hitam
10.laptop atau PC spek Dewa
11. kabel USB drone
12. GPS

oke mari kita bahas satu persatu..
sebelum menerbangkan drone ada baiknya kita sesuaikan dengan kebutuhan kita. gunakan aplikasi drone deploy untuk membuat jalur terbang drone (biasanya digunakan untuk mengmbil foto udara pada tuttupan lahan yang sulit dijangkau seperti hutan atau semak belukar) pada aplikasi tersebut kita bisa mengatur luasan yang akan kita ambil, ketinggian drone, dan kecepatan drone. sedangkan aplikasi DJI GO digunakan untuk menseting drone dan memasukan jalur terbang yang telah kita buat secara online melalui drone deploy. kita hanya mendaftar di situs dronedeploy.com kemudian kit akan membuat jalur terbang sesuai kebutuhan. nah itu yang perlu kita cermati terlebih dahulu. oke selanjutnya kita akan menerbangkan drone ketika persiapan yang telah dijelaskan sudah lengkap dan siap.
1. langkah pertama adalah kita pasang batrai drone dengan cara memasukan batrai ke lubang batrai yang ada, sebelumnya pastikan daya batrai terisi dengan penuh atau minimal 2 titik lampu. terdapat lampu indikator warna hijau pada batrai drone phantim 4. tekan tombol 2 batrai untuk mengaktifkan batrai agar terhubung ke drone.
2. pasang baling-baling/propeler drone. petunjuk pemasangan adalah dengancara menekan sedikit kemudian putar sesuai dengan gambar kunci yang ada pada drone. untuk diperhatikan propeler dipasang sesuai warna agar tidak terjadi kesalahan saat drone diterbangkan.
3. hidupkan console dengan cara menekan 2 kali tombol yang ada kemudian letakkan hp pada dudukan console yang tersedia. hubungkan usb antara console dan hp. setelah itu lihat lampu indikator telah berwarna hijau untuk memastikan console dan drone terhubung, sedangkan jika masih berwarna merah drone dan console belum terhubung.
4. lakukan kalibrasi drone dengan cara masuk ke aplikasi DJI GO konekkan drone kemudian cari menu calibrating pada aplkikasi DJO. ikuti langkah sesuai petunjuk. secara umum kalibrasi drone adalah untuk memastikan posisi drone akurat dengan sistem dan gps yang terpasang pada drone.
5. setelah kalibrasi selesai tempatkan drone pada posisi aman untuk terbang,jangan lupa pakai kaca mata untuk melihat drone agar tidak silau memandang langit. cara mengaktifkan/menghidupkan drone adalah tarik 2 tuas/joystik pada konsole kebawah kemudian arahkan kedalam/keluar secara bersamaan. nah propeler/baling-baling akan berputar.
6.untuk mengoprasikan secara manual setelah drone aktif tekan tuas joystik sebelah kanan kearah atas untuk drone terbang ke atas. setelah mendapatkan posisi foto yang di inginkan operator dapat mengambil foto atau video melalui tombol yang berada di depan konsol.
7. sedangkan jika mengoprasikan drone mengikuti jalur terbang operator harus menemukan titik awal terbang agar drone dapat menghemat batrai dan jangkauan konsol yang maksimal.untuk diketahui sesuai pengalaman saya daya jangkau drone untuk tutupan hutan hanya 2 km maksimal, lebih 2 km drone akan kehilangan signal dan drone akan kembali. jika menggunakan jalur terbang drone deploy maka setelah selesai mengambil foto drone akan kembali pada titik awal terbang sesuai koordinat yang telah ditentukan.
8. untuk menuruNkan drone secara manual cukup tekan tuas joystik kanan konsol kebawah. setelah sampai ketanah maka matikan drone dengan cara tekan kedua tombol joystik kearah bawah sampai drone mati.
9.pengolahan foto yang diambil dapat diolah menggunakan aplikasi AGISOFT PHOTO SCAN pada aplikasi ini kita dapat mengolah foto sesuai kebutuhan bahkan dalam tampilan 3D. hasilnya dapat di olah menggunakan aplikasi ARCGIS untuk dimasukkan kedalam Shp yang telah dibuat.
nah itu info dari saya, jika ada kekurangan atau masukkan silahkan koment y guys..

SALAM RIMBA#RIMBAWAN BERKARYA#RIAU UNIVERSITY#FORESTRY

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pemetaan Udara Menggunakan UAV/Drone type Fix Wings

  Pemetaan udara kawasan hutan Blok Khusus KPH Tasik Besar Serkap seluas 14.700 Ha bekerjasama dengan SG Konsultan dilaksanakan untuk menget...